Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening Bank Syariah Indonesia

PENGARUH BAURAN PEMASARAN

TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN REKENING

BANK SYARIAH INDONESIA

 

Denny Satriyawan

NPM 21710014

Universitas Muhammadiyah Metro

Email: ndodenny@gmail.com

 

 

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Bauran Pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses terhadap keputusan penggunaan rekening Bank Syariah Indonesia dengan metode kuesioner terhadap 30 responden nasabah Bank Syariah Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi langsung. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis persamaan regresi berganda dapat diketahui bahwa variable produk, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan penggunaan rekening Bank Syariah Indonesia. Hasil dari penelitian ini secara parsial diperoleh bahwa Produk, Harga, Lokasi, Orang dan Promosi tidak berpengaruh secara signifikan dan secara simultan seluruh variabel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan rekening Bank Syariah Indonesia.

 

 

 

 

PENDAHULUAN

Jasa keuangan telah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat saat ini, aktivitas keuangan yang makin beragam menjadi peluang untuk penyedia jasa keuangan. Perusahaan harus mengambil langkah untuk mengungguli pesaing mereka. Untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan tujuan perusahaan, untuk mendapatkan manfaat terbesar dengan potensi dan kemampuan terbesar, Salah satu pendekatan yang harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melakukan bauran pemasaran.

Bank Syariah Indonesia sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia yang merupakan Negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia memiliki peluang besar untuk menjadi pilihan utama masyarakat muslim Indonesia untuk mendapat jasa perbankan. PT Bank Syariah Indonesia tentu berusaha mendapat potensi tersebut dengan melalukan strategi bauran pemasaran.

            Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pengguaan Rekening Bank Syariah Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

LANDASAN TEORI

 

Bauran Pemasaran Jasa 

            Bauran pemasaran dalam Kotler dan Keller (2007), adalah sekumpulan alat pemasaran (marketing mix) yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Ada pun menurut Zeithmal dan Bitner definisi bauran pemasaran adalah: “Marketing Mix defined as the elements an organizations controls that can be used to satisfy or communicate with customer. These elements appear as core decisions variables in any marketing text or marketing plan”. Dalam hal ini berarti bauran pemasaran jasa keuangan adalah elemen-elemen organisasi keuangan yang dapat dikontrol oleh organisasi dalam melakukan komunikasi dengan nasabah dan akan dipakai untuk memuaskan nasabah.  

            Zeithmal dan Bitner mengemukakan konsep bauran pemasaran tradisional (traditional marketing mix) terdiri dari 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat/Lokasi), Promotion (Promosi). Sementara itu, untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas (expanded marketing mix for service) dengan penambahan unsur non-traditional marketing mix, yaitu People (Orang), Physical Evidence (Fasilitas Fisik), dan  Process (Proses) sehingga menjadi tujuh unsur (7P). Masing-masing dari tujuh unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan tergantung satu sama lainnya dan mempunyai suatu bauran yang optimal sesuai dengan karakteristik segmennya.  

Product/ Produk  

            Menurut Soedijati, produk merupakan suatu kumpulan sifat-sifat fisik, jasa dan simbolik yang menghasilkan kepusan atau manfaat bagi seorang pengguna atau pembeli yang dapat ditawarkan ke pasar dan akan mempengaruhi persepsi pelanggan dalam melakukan pembelian. Produk jasa merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan dari pada dimiliki, serta pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Pelanggan membeli manfaat dan nilai dari apa yang ditawarkan. Sesuatu yang ditawarkan dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu: barang nyata, barang nyata yang disertai dengan jasa, jasa utama yang disertai dengan barang dan jasa tambahan, dan murni jasa.

Price/ Harga 

            Adam (2015), Harga yang dimaksudkan ialah tarif jasa perbankan yang harus dibayar oleh para nasabah.  

Promotion / Promosi 

            Promosi dalam jasa perbankan yaitu aktivitas untuk mengkomunikasikan jasa perbankan dalam rangka membangun persepsi, afeksi dan keputusan produk yang diambil. 

Place/ Lokasi 

            Lokasi merupakan elemen yang penting dalam mempengaruhi preferensi nasabah dalam menentukan pilihannya. Namun, selain lokasi secara fisik (gedung/bangunan), lokasi juga dapat dijangkau secara virtual yaitu melalui internet. 

Process / Proses  

            Proses menurut Zeithaml and Bitner adalah semua prosedur aktual, mekanisme dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa.  

People/ Orang 

            Sumber daya manusia adalah semua orang yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau lembaga yang terlibat dalam proses penyampaian produk atau jasa kepada konsumen.

 

Physical Evidence (Bukti Fisik) 

            Sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki perbankan dalam menjalankan aktivitasnya sehingga berbagai tawaran yang ditujukan pada pasar sasarannya agar dapat diterima secara efektif dan efisien.

 

 

 

METODE PENELITIAN

Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui adakah pengaruh antara bauran pemasaran terhadap Keputusan Pengunaan Rekening Bank Syariah Mandiri. Adapun metode penentuan lokasi sengaja ditentukan dan disesuaikan dengan pertimbangan tertentu yakni di Kota Metro.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan metode dokumentasi. Kuesioner (angket) digunakan sebagai metode utama untuk memperoleh data yang diberikan kepada sampel. Metode angket digunakan karena lebih praktis dan dapat dibagikan secara serentak kepada responden. Penyebaran angket diberikan kepada nasabah Bank Syariah Indonesia sebanyak 30 Responden.

 

 

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui adakah pengaruh antara bauran pemasaran terhadap keputusan penggunaan rekening Bank Syariah Indonesia. Dalam penelitian ini, ada 2 (dua) variabel bebas atau variabel independen (X) yang tidak di gunakan yaitu variabel Proses dan variabel Bukti Fisik.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebagai teknik untuk mengumpulkan data, dengan 20 (dua puluh) pertanyaan yang diberikan kepada 30 orang responden nasaban Bank Syariah Indonesia.  

Regresi Linear Berganda 

Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lebih dari satu variabel independen terhadap variabel dependen (Ghozali, 2001).  Dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: 

Y = -7,376+ 0,671 X1 – 0,257 X2 + 1,671 X3 + 1,003 X4 + 1,537 X5 

            Keterangan:  

            Y         = Keputusan Penggunaan Rekening BSI             

            X1       = Produk       X3 = Lokasi        X5     = Promosi

            X2       = Harga        X4 = Orang 

  

1.       Konstanta -7,367  artinya jika nilai variabel Produk, Harga, Lokasi, Orang, Promosi sebesar 0 atau tidak ada maka nilai variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI adalah sebesar -7,367 .  

2.       Koefisien Regresi variabel Produk sebesar 0,671 artinya jika nilai Promosi mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka nilai Keputusaan Memilih Kuliah akan mengalami peningkatan sebesar 0,671 satuan.  

3.       Koefisien Regresi Harga sebesar -0,257  artinya jika nilai Produk mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka nilai Keputusan Penggunaan Rekening BSI akan mengalami peningkatan sebesar -0,257  satuan.  

4.       Koefisien Regresi Lokasi sebesar 1,671 artinya jika nilai Orang mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka nilai Keputusan Penggunaan Rekening BSI akan mengalami penurunan sebesar 1,671  satuan.  

5.       Koefisien Regresi Orang sebesar 1,003 artinya jika nilai Biaya mengalami kenaikan sebesar 1 satuan maka nilai Keputusan Penggunaan Rekening BSI akan mengalami peningkatan sebesar 1,003 satuan. 

6.       Koefisien Regresi Promosi sebesar 1,537 artinya jika nilai Lokasi mengalami kenaikan sebesar 1     satuan maka nilai Keputusan Penggunaan Rekening BSI akan mengalami peningkatan sebesar 1,537 satuan.   

Koefisien Determinasi (R2) 

Uji koefisien determinasi R2 digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen. Nilai yang mendekati satu berarti variabel bebas memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk mempresiksi variasi variabel dependen (Ghozali, 2005).  

Tabel 2.  Hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) 

Model Summary

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

1

.928a

.861

.832

3.37389

a. Predictors: (Constant), Promosi, Produk, Harga, Lokasi, Orang

Sumber: data primer (data diolah, 2022) 

 

Uji Signifikansi Parsial (Uji t) 

Pengujian ini digunakan untuk menguji signifikansi hubungan antara variabel X (Bauran Pemasaran) variabel Y (Keputusan Memilih Berkuliah), apakah variabel X benar-benar berpengaruh terhadap variabel Y secara terpisah atau parsial (Ghozali, 2005).  

Tabel 3. Angka Probabilitas Signifikansi Tiap Variabel Bebas 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

-7.376

4.273

 

-1.726

.097

Produk

.671

.504

.174

1.332

.195

Harga

-.257

.366

-.093

-.702

.489

Lokasi

1.671

.891

.340

1.874

.073

Orang

1.003

1.015

.201

.988

.333

Promosi

1.537

.846

.359

1.817

.082

a. Dependent Variable: Keputusan

Sumber: data primer (data diolah, 2022) 

H1-H5: H0 = Tidak ada pengaruh dari Promosi, Produk, Orang, Biaya, Lokasi (secara parsial) terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI

Ha = Ada pengaruh dari Promosi, Produk, Orang, Biaya, Lokasi (secara parsial) terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI

H1: Variabel Produk (X1) memiliki angka signifikansi sebesar 0,195 artinya > dari angka probabilitas    signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 di terima dan Ha ditolak atau tidak ada                pengaruh signifikan variabel Produk terhadap variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y). 

H2: Variabel Harga (X2) memiliki angka signifikansi sebesar 0,489 artinya > dari angka probabilitas    signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 di terima dan Ha ditolak atau tidak ada                pengaruh signifikan variabel Harga (X2)  terhadap variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y).  

H3: Variabel Lokasi (X3) memiliki angka signifikansi sebesar 0,073 artinya > dari angka probabilits    signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ha ditolak atau tidak ada  pengaruh signifikan variabel Lokasi (X3) terhadap variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y).  

H4:      Variabel Orang (X4) memiliki angka signifikansi sebesar 0,333 artinya > dari angka probabilitas signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ha ditolak atau tidak ada pengaruh signifikan variabel Biaya (X4) terhadap variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y). 

H5:      Variabel Promosi (X5) memiliki angka signifikansi sebesar 0,082 artinya > dari angka probabilitas signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 di terima dan Ha ditolak atau tidak ada pengaruh signifikan variabel Lokasi (X5)  terhadap variabel Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y). 

 

Uji Signifikasi Simultan (Uji F) 

Uji signifikansi simultan dimaksudkan untuk menguji model regresi atas pengaruh seluruh variabel independen. Selain itu, uji ini juga digunakan untuk mengetahui apakah analisis regresi linear berganda yang digunakan sesuai dengan data penelitian (Thoifah, 2015).  

H1-H5: H0 = Tidak ada pengaruh dari Promosi, Produk, Orang, Biaya, Lokasi (secara simultan) terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI

Ha = Ada pengaruh dari Promosi, Produk, Orang, Biaya, Lokasi (secara simultan) terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI 

Tabel 4. Angka Signifikansi Simultan 

ANOVAa

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

1693.771

5

338.754

29.759

.000b

Residual

273.196

24

11.383

 

 

Total

1966.967

29

 

 

 

a. Dependent Variable: Keputusan

b. Predictors: (Constant), Promosi, Produk, Harga, Lokasi, Orang

Sumber: data primer (data diolah, 2022) 

 

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa angka signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai Fhitung sebesar 29,759. maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima atau ada pengaruh signifikan secara simultan variabel Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Orang (X4), dan Promsi (X5) terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y)  Pengaruh Produk (X1) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Variabel Produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI.

Pengaruh Harga (X2) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Variabel Biaya tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI.

Pengaruh Lokasi (X3) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Variabel Lokasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI.

Pengaruh Orang (X4) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Variabel Orang tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan 

Pengaruh Produk (X5) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI

Pengaruh Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Orang (X4), dan Promosi (X5) Terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI  

Ada pengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama variabel Pengaruh Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Orang (X4), dan Promosi  (X5)  terhadap Keputusan Penggunaan Rekening BSI (Y).

 

 

 

SIMPULAN DAN SARAN

 

Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel penelitian  dari konsep bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Lokasi, Orang, dan Promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan Rekening Bank Syariah Indonesia. Secara parsial Produk, Harga, Lokasi, Orang, dan Promosi tidak berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan Rekening Bank Syariah Indonesia.  

Dari hasil penelitian dan simpulan diatas, maka peneliti dapat memberikan saran-saran sebagai berikut: 

1.     Bank Syariah Indonesia agar terus meningkatkan promosi agar dapat semakin dikenal masyarakat.

2.     Bank Syariah Indonesia agar terus menciptakan produk-produk perbankan yang unggul dengan biaya terjangkau

3.     Dalam penentuan lokasi agar selalu mencari tempat strategis dan mudah terjangakau oleh masyarakat

4.     Meningkatkan kemampuan SDM baik soft kompetensi maupun hard kompetensi karena dalam persaingan jasa, SDM seharusnya memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Assauri. Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar. Konsep dan Strategi Jakarta : Grafindo.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2002, Marketing Management the Millenium edition, New Jersey : Prentice Hall.

saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Sherly, S., Halim, F., Butarbutar, M., Arfandi, S. N., Sisca, S., Purba, B., Ferinia, R., Dewi, I. K., Hasyim, H., & Sudarso, A. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.

shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press

Sugiyono. 2014. Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Alfabeta, Bandung.

Suryadi, Didih. 2011. Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT Suka Buku

Swasta. 2007. Azaz- Azaz Marketing. Edisi Ketiga, Cetakan Keenam. Liberty, Yogyakarta.

 

Comments

Popular posts from this blog

KASUS AKUNTAN: KASUS ENRON dan KAP ARTHUR ANDERSEN

Nge-Blog Lagi

Lampung, Sang Bumi Ruwa Jurai